Ingin Berubah, tapi Mulai dari Mana?

 

Ada masanya dimana aku merasa bahwa diriku ini bersalah, bodoh, hilang arah, hidupku tidak sejalan dengan apa yang aku impikan, yaitu untuk menjadi seorang yang baik dan sholihah, berjalan menggapai ridho Allah. Di saat-saat aku mengakui kelemahan diri itulah, aku merasa ingin berubah menjadi lebih baik, ingin lebih fokus pada jalan yang ku inginkan. 

Tapi aku bingung bagaimana caranya memulai perubahan itu? Rasanya sulit sekali. Apalagi jika kulihat jalan yang teramat panjang untuk menggapai impianku itu. Belum lagi ada rintangan-rintangan di tengah jalan yang semakin menantang langkahku. Bagaimana bisa? Namun kemudian aku tersadar. Bagaimana bisa aku melangkah ke jalan yang baik, tapi pandanganku masih ke arah jalan yang kurang baik? Tentu saja aku harus mengubah arah pandangku dulu menjadi ke arah jalan yang baik, supaya aku bisa memulai melangkah. 

Ya. Ternyata, inilah kuncinya untuk memulai perubahan besar dalam kehidupan kita! Perubahan terbesar dalam hidup itu dimulai dari diri mindset (pola pikir) kita sendiri. Bukan dari orangtua, saudara, teman, dari faktor lingkungan, atau yang lain sebagainya. Jika pandangan kita fokus tertuju pada jalan impian kita sendiri, maka kita pasti akan sampai tujuan. 

Sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Qur'an surat Ar Ra'd ayat 11. 

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِم

"Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri."

Oleh karena itulah, jika kita ingin berubah, mulailah perubahan itu dari diri kita sendiri! Luruskan niat hanya untuk Allah, niscaya setiap tapak langkah kita akan dipermudah oleh-Nya. Dan setiap langkah yang kita tapaki itu akan sejalan dengan mindset kita, kebiasaan kita; Bagaimana mindset (pola pikir) kita? Apa yang kita baca? Apa yang kita lihat? Apa yang kita dengar? Dan apa yang kita serap? Hal itulah yang sangat mempengaruhi jalan kehidupan kita. Masalahnya, selama ini kita isi dengan apa mindset kita? Sejalankah dengan jalan yang kita inginkan? 

Jalan apapun yang kita pilih, pastikan arah pandangan kita menuju ke sana, pastikan setiap langkah kita menuju ke sana. Sebab jika arah pandangan kita tidak sejalan dengan jalan yang kita tuju, jangan berharap kita bisa sampai tujuan yang diinginkan. Karena seperti apa mindset kita, seperti apa kebiasaan kita, seperti itulah diri kita terbentuk, dan kesanalah arah kehidupan kita. 

Lihatlah jalan yang kau inginkan, tujukan arah pandangmu kesana, mulailah melangkah, dan teruslah melangkah hingga kau sampai pada tujuan!

~

Tugas Menulis -5, Literasi IMK

Jakarta, 14 September 2021

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu dan Amal

Manusia: Makhluk yang Lemah

Merasa Tak Berguna