Merasa Tak Berguna

Pernah nggak sih ngerasa, kalau kamu tidak jadi apa-apa? Ngerasa kayak, kamu manusia paling gak berguna di dunia ini, kamu nggak ada peran di dunia ini, kamu nggak dianggap. Hidup nggak berguna. Kayak, hidup tapi nggak hidup. Mending gak usah ada di dunia ini daripada udah di sini tapi gak berguna apa-apa. Gitu gak sih? 

Dear, kawan. Aku juga pernah merasakan itu. Tapi, mari sama-sama kita lihat firman Allah berikut ini,

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاۤءَ وَالْاَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لٰعِبِيْنَ

"Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan segala apa yang ada di antara keduanya dengan main-main." (QS. Al-Anbiya: 16)

Dear, kawan. Percayalah, semua yang Allah ciptakan pasti ada manfaatnya, pasti ada hikmahnya. Apakah kamu tidak tahu? Allah tidak mungkin menciptakan sesuatu di dunia ini tanpa ada manfaatnya. Allah telah menciptakanmu dengan sebaik-baiknya. Allah telah menciptakanmu dari setetes mani, lalu melalui proses panjang untuk menjadikanmu seorang bayi yang terlahir ke dunia, lalu dari bayi itu kau terus bertumbuh besar hingga menjadi manusia seperti saat ini. Pikirkan baik-baik. Renungi dalam-dalam.. Mungkinkah Allah melakukan semua itu tanpa ada hikmah dibaliknya? Mungkinkah semua proses panjang itu sia-sia? Tanpa ada manfaatnya? Tidak, pasti ada! 

Kamu mungkin merasa hidupmu tidak berguna. Tapi percayalah, ada seseorang di belahan bumi sana yang sangat membutuhkanmu. Dia di sana mungkin sedang tidak butuh apapun, hanya butuh dirimu. Cobalah lebih peka lagi melihat keadaan di sekitar kita. Kamu mungkin memang tidak dianggap oleh banyak orang, tapi kamu bermanfaat bagi satu orang. Kamu dianggap ada. Kamu berguna. Kamu berharga. 

Mungkin selama ini kamu tidak menyadarinya, tapi di belahan bumi sana mungkin ada seseorang yang sedang mendoakan kebaikanmu. Mungkin kamu tidak merasa berbuat baik ataupun menebar manfaat, tapi di belahan bumi sana pasti ada yang merasakan betapa besarnya kebaikanmu. Fokuslah pada mereka yang menganggapmu ada, karena mereka membutuhkanmu. Fokuslah pada peran yang Allah berikan untukmu, karena sungguh peranmu sangat dibutuhkan oleh mereka. Ayo bangun, kawan! Jangan mengurung diri seperti ini. Cepat datang ke mereka. Jalankan peranmu dengan sebaik-baiknya. Kamu akan menjadi manusia yang luar biasa. 

Sungguh, kawan. Kamu dianggap ada. Kamu berguna. Kamu berharga. Asal kamu sedikit saja lebih peka. Ah, Penciptamu pasti sangat bangga padamu.. Karena sungguh kamu telah menjalani peranmu dengan sebaik-baiknya. 


Depok, 24 September 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu dan Amal

Manusia: Makhluk yang Lemah